www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
Bahasa Indonesia  English Version 
HOME TENTANG USD PENDAFTARAN AKADEMIK
  WAPsite Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Empat Dosen FS USD Jadi Narasumber pada Pembahasan “Penulisan Hukum Adat Dayak dan Penulisan Kamus Bahasa Dayak” di Kutai Barat Kaltim
USD | 24 October 2013 | 08:59 WIB
  
Empat Dosen FS USD Jadi Narasumber  pada Pembahasan “Penulisan Hukum Adat Dayak dan Penulisan Kamus Bahasa Dayak” di Kutai Barat Kaltim :: usd.ac.id

Bertempat di Bappeda Kutai Barat Kalimantan Timur, empat orang dosen Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma pada tanggal 17 Oktober 2013 menjadi narasumber pada pembahasan “Penulisan Hukum Adat Dayak: Tonyooi, Benuaq, dan Bahau” serta “Penulisan Kamus Bahasa Dayak: Bahau, Benuaq, Tonyooi, dan Rentenuukng di Kutai Barat”. Hal tersebut merupakan hasil penelitian Tim Centre for Ethnoecology Research and Development yang dipimpin oleh Drs. Yuvenalis Lahajir, M.Hum. alumnus Universitas Sanata Dharma (d/h IKIP Sanata Dharma tahun 1983) yang bekerjasama dengan Bappeda Kabupaten Kutai Barat.  Mereka adalah Prof. Dr. I. Praptomo Baryadi, Dr. H. Purwanta, M.A., Dra. F. Tjandrasih Adji, M.Hum, dan Drs. Silverio R. L. Aji Sampurno, M.Hum.

Pada kesempatan itu Pak Praptomo dan Bu Tjandra menjadi narasumber untuk aspek kebahasaan, Pak Purwanta untuk aspek kesejarahan, dan Pak Rio untuk aspek antropologis. Secara umum keempat narasumber memberikan apresiasi sangat tinggi kepada Tim Peneliti CERD yang telah berhasil merumuskan dan mengkodifikasi bahasa dan hukum adat masyarakat Kabupaten Kutai Barat. Hukum adat yang selama ini hanya berupa kesepakatan-kesepakatan lisan dan dikuasai oleh para pemuka adat, kini diwujudkan dalam bentuk tulisan yang bisa diketahui oleh siapa pun, meski ketika berbicara soal sanksi masih sangat bergantung pada pemuka adat setempat, karena memang ada beberapa hal yang tidak boleh dituliskan, karena sanksi yang cukup berat bagi si penulis mau pun bagi si pemberi ijin menuliskannya bahkan bisa membawa kepada kematian.

Seminar berlangsung cukup hangat, dimulai sejak pagi hari dihadiri sekitar 50 orang, yang  berasal dari perwakilan pemerintah (SKPD, camat, petinggi), Presidium Dewan Adat Kubar, Dewan Adat Kecamatan, Kepala Sekolah, Guru Bahasa/Sastra, dan tamu undangan. (Rio)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma
© 2014 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.196.23.239: - 2044 ms  |   16 user(s) online