USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Jaga Integritas Penelitian, LLPM USD Gelar Lokakarya Persiapan Ethical Clearance

diupdate: 2 minggu yang lalu

dok. LPPM

USD - Jumat, 3 Mei 2024, Universitas Sanata Dharma (USD) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menggelar lokakarya yang bertujuan untuk memastikan standar etika penelitian yang terjamin dalam implementasi Renstra USD 2023-2027. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Manohara Yogyakarta ini diikuti 11 orang anggota Tim ad hoc penyusun Ethical Clearance (EC) di USD serta menghadirkan narasumber Dian Mufitasari, S.Psi., M.Psi., Psi (Ketua Komisi Etik Fakultas Psikologi UGM).

"Melalui lokakarya ini, USD melalui LPPM dapat memiliki unit EC yang efektif dalam memastikan etika dalam setiap penelitian yang dilakukan. Hal ini sejalan dengan upaya implementasi Renstra USD 2023-2027 yang mengedepankan penelitian yang bermutu dan bertanggung jawab secara etis," ujar Dr. Gabriel Fajar Sasmita.

dok. LPPM
 
Lokakarya dibagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama, Ketua Tim ad hoc Ethical Clearance sekaligus Kepala LPPM USD, Dr. Gabriel Fajar Sasmita Aji, M.Hum., memimpin pembahasan tentang dokumen-dokumen terkait dengan kode etik penelitian serta melakukan brainstorming terkait dengan Ethical Clearance yang telah dilakukan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Sementara pada sesi kedua, Dian Mufitasari, S.Psi., M.Psi., Psikolog membagikan berbagai praktik baik yang sudah dijalankan oleh unit Ethical Clearance dari Komisi Etik Penelitian Fakultas Psikologi UGM.
 
Melalui lokakarya ini, satu langkah awal yang penting bagi uopaya USD dalam menjaga integritas penelitian dan memberikan kontribusi positif dalam penelitian, telah dimulai.

(SC/AFH)
 

  kembali